Huntap Pombewe Tunggu Perbaikan Fasilitas

198 dilihat

Ditulis oleh

Penyelesaian pembangunan hunian tetap (Huntap) di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, masih menunggu perbaikan fasilitas, seperti drainase, jalan, toilet dan sarana lainnya yang belum tuntas.

Hal tersebut dikatakan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta saat Rapat Koordinasi (Rakor) evaluasi pembangunan Huntap Pombewe bersama Sekkab, Muh Basir Lainga; Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Iskandar Nongtji dan Kepala BP3D, Sutopo Sapto Condro di Kantor Bupati Sigi Sementara di Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo, Kamis (3/9/2020).

Dijelaskan, sesuai hasil PHO Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP) Sigi, keadaan huntap Pombewe saat ini progres 75,48 persen dari terget, tapi hasil tersebut dikoreksi Buddha Tzu Chi.

“Untuk progres huntap Pombewe ada hasil PHO DPUP Sigi dan ada juga koordinasi dari tim Buddha Tzu Chi Indonesia, sehingga kelihatannya hasil PHO pekerjaan sudah selesai. Namun ada catatan-catatan kecil, misalnya ada keramik yang akan diperbaiki, plafon dan atap yang bocor, serta fasilitas lainnya,” jelasnya.

Olehnya itu, ia berharap terkait sarana dan prasarana yang ada di huntap Pombewe harus saling mengikut. Artinya ketika rumah selesai, maka drainase, jalan serta sarana lainnya harus selesai.

Terkait pembangunan huntap oleh pemerintah, lanjut Bupati, berharap nantinya ada penjelasan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi, mengingat sesuai target bulan Oktober 2020 pembangunan huntap di Pombewe telah rampung.

Olehnya itu, pembangunan huntap di Pombewe oleh pemerintah harus terus berjalan. “Namun hal ini masih ada kendala terkait anggaran, jika ada anggaran kita tidak harus menunggu Oktober bergerak. Tetapi semua huntap dibangun Buddha Tzu Chi harus selesai,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati menegaskan bahwa apapun hambatan dalam pembangunan huntap di Pombewe harus diselesaikan bersama dengan melakukan koordinasi agar mempercepat pembangunan huntap.

 

Sumber: Mercusuar

Tinggalkan Komentar