Kepala BP2W Sulteng : Bank Dunia Bekukan Dana Pembangunan Huntap di Palu

246 dilihat

Ditulis oleh

KBRN, Palu Sulteng : Bank Dunia menghentikan sementara pendanaan pembangunan Hunian Tetap (Huntap) dua yang berlokasi di Kelurahan Tondo Talise Palu, penyebab dihentikannya sementara pembangunan Huntap yang sumber dananya dari Bank Dunia tersebut akibat sejumlah permasalahan, diantaranya kepemilikan lahan yang belum selesai secara hukum.

Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah (BP2W) Sulawesi Tengah Ferdinan Kana Lo Selasa (12/1/2021) mengatakan, pembekuan atau penghentian sementara pembangunan Huntap oleh Bank Dunia tersebut tidak dilakukan secara menyeluruh, proyek pekerjaan masih terus berjalan namun pihaknya minta kepada pemerintah daerah dapat menyelesaikan persoalan kepemilikan lahan serta dokumen lainnya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut pemerintah Kota Palu akan membuka posko penyelesaian masalah lahan Huntap dan data penyintas bencana yang sampai saat ini masih menjadi kendala pembangunan Huntap.

“Sebenarnya pembekuannya bukan pembekuan menyeluruh hanya Bank Dunia minta dihentikan dulu sementara semua kegiatan sambil menyelesaikan dokumen-dokumen persyaratan, karena kita ini kan bukan masa transisi darurat lagi, kita ini sudah rehab rekon, akibatnya Bank Dunia minta pemenuhan dokumen aturan kita secara konsekuen,” jelasnya.

Permasalahan lahan menjadi salah satu permasalahan mendasar yang perlu segera diselesaikan, pihaknya berharap Wali Kota Palu saat ini dapat menyelesaikan persoalan yang ada dalam waktu singkat sebelum berakhir masa jabatannya.

 

Sumber : RRI

Tinggalkan Komentar